Silabus
Nama Selkolah : SD N 1 Tambak Romo
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : VI (Enam)
Semester : 1 (Satu)
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Penilaian | Sumber |
1 | 3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam(ekosistem). 3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimnbangan lingkungan. 3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan. | Keseimbangan Ekosistem. | 1. Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat memepengaruhi keseimbangan ekosistem, misalnya pengaruh bahan kimia dan penebangan hutan. 2. Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pestisida secara berlebihan. 3. Menyebutkan bagian tubuh tumbuhan dan hewanyang serung dimanfaatkan oleh manusia. | 1. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat memepengaruhi keseimbangan ekosistem, misalnya pengaruh bahan kimia dan penebangan hutan. 2. Melalui diskusi siswa dapat meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pestisida secara berlebihan. 3. Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan bagian tubuh tumbuhan dan hewan yang sering dimanfaatkan oleh manusia. | 1 x 35 menit | Tes tertulis Tes lesan | Sains jilid 6 untuk kela VI Erlangga tahun 2007. Fokus Buku Ajar Ilmu pengetahuan Alam kelas VI |
Semarang, 10 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
M. Nur Arifin, S.Pd Purwito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar