Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SD N 1 Tambak Romo
Kelas / Semester : VI ( Enam) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah Pertemuan : 1 x 35 menit
A. Standar kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam(ekosistem).
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimnbangan lingkungan.
3.3 mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan.
C. Indikator
1. Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat memepengaruhi keseimbangan ekosistem, misalnya pengaruh bahan kimia dan penebangan hutan.
2. Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pestisida secara berlebihan.
3. Menyebutkan bagian tubuh tumbuhan dan hewanyang serung dimanfaatkan oleh manusia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat memepengaruhi keseimbangan ekosistem, misalnya pengaruh bahan kimia dan penebangan hutan.
2. Melalui diskusi siswa dapat meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pestisida secara berlebihan.
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan bagian tubuh tumbuhan dan hewan yang sering dimanfaatkan oleh manusia.
E. Pendidikan Karakter
- Mandiri
- Komukatif
- Kerja sama
- Rasa ingin tahu
- Demokratis
- Menghargai prestasi
- Toleransi
F. Materi Ajar
Keseimbangan Ekosistem.
G. Alokasi Waktu
1 x 35 menit.
H. Metode
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
I. Kegiatan Pembelajaran
1. Pembukaan
a. Membuka Pelajaran (mengucapkan salam, berdoa, absensi, ).
b. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang berkaitan dengan materi keseimbangan ekosistem.
Contoh :
Anak-anak ada yang pernah melihat hutan, sawah, danau?
Ada yang tahu mengapa terjadi kekeringan?
Kali ini guru akan menerangkan tentang ekosistem, ada yang tahu apa itu ekosistem?
c. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi seseuai silabus.
2. Inti
a. Eksplorasi
1. Guru memeberikan satu gambar ekosistem yang alami dan satu gambar ekosistem yang telah rusak.
2. Siswa bersama guru mengamati gambar tersebut.
3. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai ekosistem.
b. Elaborasi
1. Guru menerangkan mengenai keseimbangan ekosistem.
2. Guru memberikan gambar tentang keseimbangan ekosistem.
3. Siswa mendiskusikan mengenai pemanfaatan hewan dan tumbuhan dan ditulis dalam bentuk tabel.
4. Setelah selesai guru memberikan permainan “stik berjalan” dengan peraturan jika stik yang di putar bergantian dan stik berhenti jika lagu yang di nyanyikan berhenti, siswa harus menjawab pertanyaan dari guru.
5. Judul lagu yang di gunakan Naik-Naik ke Puncak Gunung.
6. Guru melanjutkan menerangkan mengenai keseimbangan ekosistem.
c. Konfirmasi
1. Guru memberikan penilain terhadap hasil diskusi siswa.
2. Guru memberi penguatan dan penegasan tentang materi yang telah di pelajari.
3. Guru memberikan motifasi pada semua siswa.
4. Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan materi.
b. Siswa mengerjakan evaluasi.
c. Memeberikan tindak lanjut dengan memeberikan tugas pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
d. Menutup pelajaran.
J. Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Diskusi Kelompok
Prosedur : Proses tes
Jenis tes : Tes lesan dan tertulis
Bentuk tes : Uraian
Soal Diskusi :
- Bersama dengan kelompokmu, carilah oinformasidari berbagai sumber mengenaipemanfaatan hewan dan tumbuhan (minimal 10 macam). Tulis dalam bentuk tabelseperti berikut ini!
No | Nama hewan / tumbuhan | Bagian yang dimanfaatkan | Pemanfaatan |
1. | | | |
2. | | | |
Kunci Jawaban :
Contoh :
No | Nama hewan / tumbuhan | Bagian yang dimanfaatkan | Pemanfaatan |
1. | Harimau dan macan tutul | Kulitnya | Dibuat hiasan |
2. | Pohon cendana | Kayu | Bahan kerajinan |
3. | Dst... | | |
Teknik Penilaian
No | Nilai yang di capai | Ketercapaian | |
Sudah | Belum | ||
1. | Mengerjakan tugas kelompok dengan sungguh-sungguh (kerja keras dan kerja sama) | | |
2. | Mengerjakan tugas dengan tekun dan teliti (tekun dan teliti) | | |
3 | Membaca referensi lain yang relefan dengan materi (rasa ingin tahu) | | |
Penilaian Individual
Prosedur : Post test
Jenis tes : Tertulis
Bentuk tes : Uraian
Soal
Jawablah pertanyaan–pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Mengapa perusakan hutan dapat menyebabakan daerah tersebut menjadi tandus?
2. Apa yang terjadi di musim hujan jika dilakukan penebangan hutan secara sembarangan?
3. Apa yang menyebabkan hewan–hewan di hutan masuk dan menyerang desa-desa sekitarnya?
4. Jelaskan manfaat pupuk bagi pertumbuhan tanaman?
5. Mengapa perburuan liar dapat mengakibatkan keseimbangan alam terganggu?
6. Apa yang biasanya dilakukan suatu negara untuk mencegah perburuan liar?
7. Apa yang dimaksud dengan terumbu karang?
8. Mengapa perusakan terumbu karang dapat mempengeruhi keseimbangan alam?
9. Tuliskan dua cara untuk mencegah kepunahan hewan maupun tumbuha?
10. Tuliskan tiga contoh hewan yang diburu manusia untuk diambil rambut/ bulunya?
Kunci
1. Karena di hutan sudah tidak ada tumbuh-tumbuhan yang menyerap air ketika hujan dan air yang tidak terserap itu akan membawa tanah yang subur melewati aliran air tersebut.
2. Akan terjadi banjir.
3. Karena ekosistem tempat dimana hewan-hewan tersebut telah rusak.
4. Sebagai penyedia mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dengan baik.
5. Hewan-hewwan yang hidup di hutan berkurang jumlahnya, lama-lama menjadi musnah.
6. Memdirikan hutan lindung bagi satwa-satwanyang ada.
7. Terumbu karang ialah kumpulan bunga karang yang telah mati.
8. Karena terumbu karang merupakan tempat hidup bermacam jenis hewan laut, jika terumbu karang rusak maka hewan laut tersebut dapat kesulitan mendapatkan makanan.
9. - melindungi hewan dan tumbuhan langka.
Melakukan pembudidayaan hewan dan tumbuhan langka.
Menggunakan bahan pengganti daritumbuhan , hewan ternak, atau sintetis.
10. Harimau, serigala, dan zebra.
- Sumber Belajar
1. Alat peraga / media :
Power point dan Gambar ekosistem.
2. Sumber :
Sains jilid 6 untuk kela VI Erlangga tahun 2007.
Asri Wijayanto. Buku ajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Fokus
Mengetahui, Semarang, 10 Oktober 2011
Kepala Sekolah Guru Kelas VI,
M. Nur Arifin, S.Pd Purwito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar