RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
I. Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
II. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Pokok
§ Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.(religius)
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran(perhatian)
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan(rasa ingin tahu)
F Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi(perhatian)
F Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi(perhatian)
F Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.(perhatian)
F Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi(perhatian)
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran(aktif)
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.(aktif)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.(kerjasama)
F Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.(kerjasama)
F Mendiskusikan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.(kerjasama)
F Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.(kerjasama)
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis(aktif)
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut(rasa ingin tahu)
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar(berani)
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok(tanggung jawab)
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok(tanggung jawab)
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan(berani)
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.(berani)
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa(rasa ingin tahu)
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan(perhatian).
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (tekun)
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (perhatian)
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (aktif)
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (bertanggung jawab)
F Kesimpulan guru dan siswa (perhatian)
F Evaluasi (tanggung jawab)
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar pabrik tekstil
§ Gambar kilang minyak
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi § Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) | Tertulis:, | Jawab, singkat | Jelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ...... Desember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar