Kamis, 08 Maret 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester           :   VI / II
Alokasi Waktu             :   1 x 20 menit
                                         

I.       Standar Kompetensi
3.  Memahami peranan Indonesia di era globalisasi

II.    Kompetensi Dasar
3.1  Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.(religius)
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran(perhatian)
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan(rasa ingin tahu)
F Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi(perhatian)
F Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi(perhatian)
F Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.(perhatian)
F Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi(perhatian)
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran(aktif)
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.(aktif)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.(kerjasama)
F Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.(kerjasama)
F Mendiskusikan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.(kerjasama)
F Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.(kerjasama)
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis(aktif)
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut(rasa ingin tahu)
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar(berani)
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok(tanggung jawab)
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok(tanggung jawab)
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan(berani)
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.(berani)
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa(rasa ingin tahu)
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan(perhatian).

·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran (tekun)
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (perhatian)
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (aktif)
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (bertanggung jawab)
F Kesimpulan guru dan siswa (perhatian)
F Evaluasi (tanggung jawab)

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Gambar pabrik tekstil
§  Gambar kilang minyak

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
§  Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
Tertulis:,

Jawab,
singkat
Jelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

                                                                                        ............, ...... Desember 2011
        Mengetahui                                                                        
        Kepala Sekolah                                               Guru Mapel IPS


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar