RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : SD Majemuk
Tema : Permainan
Kelas/Semester : III / 2
Alokasi Waktu : 3 x 35 jam pertemuan
I. Standar Kompetensi :
1. Matematika : 3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2. IPS: 2. Memahamin jenis pekerjaan dan pengguanaan uang
II. Kompetensi Dasar :
1. Matematika : 1. Mengenal pecahan sederhana
2. IPS : 2.5 Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Matematika : Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan macam – macam pecahan sederhana dengan benar.
2. IPS : Melalui simulasi (bermain peran) siswa dapat mempraktikkan pengaturan penggunaan uang sesuai kebutuhan dengan cermat.
Ø Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin
Tekun
Tanggung jawab
Ketelitian
Kerja sama
Toleransi
Percaya diri
Keberanian
IV. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
1. Matematika : Pecahan cederhana
2. IPS : Penggunaan Uang
V. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
VI. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
F Mengamati kegiatan jual beli yang ada di sekolah.
F Siswa melakukan simulasi jual beli melalui bermain peran.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Melalui pemberian wacana cerita bergambar siswa dapat menentukan pecahan sederhana.
F Melalui pemberian wacana cerita bergambar siswa dapat menentukan alat yang digunakan dalam kegiatan jual beli.
F Melakukan tanya jawab tentang pecahan sederhana sisiwa dapat menyebutkan pecahan-pecahan sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Melakukan diskusi mengenai tempat yang digunakan untuk jual beli, barang atau jasa yang dijual dan alat yang digunakan untuk membayar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
· | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | · |
Mengetahui, Dosen Pengampu Mudzanatun, S.Pd, M.Pd. NPP. ...................................... | | Semarang, ..…………. 2011 Praktikan Purwito NPM.10120014 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar