Kamis, 08 Maret 2012


Text Box:  Text Box: Untuk Sekolah Dasar Kelas IIIText Box: BUKU
TEMATIK SD

Text Box: BUKU
TEMATIK SD

















Text Box: Oleh   : Purwito
Sri Rahayu (A)
Penyunting : Muzanatun, S.Pd,.M.Pd

PRAKATA

Puji syukur kami panjatkan kehadirat  Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan  karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan Bahan Ajar Tematik kelas 3 semester 2 dengan baik. Bahan Ajar ini menggabungkan dua mata pelajaran yaitu Matematika dengan IPS. Penulisan bahan ajar ini bertujuan agar para siswa dapat lebih memahami penggunaan uang dan memahami penggunaan pecahan sederhana dalam kehidupan sehari – hari.
Dalam Bahan Ajar ini, terdapat evaluasi sebagai bentuk umpan balik terhadap materi yang disampaikan. Evaluasi berisi soal uraian, dan aktivitas siswa dimana penilaiannya berupa kognitif dan psikomotorik.
Bahan ajar ini juga dilengkapi ilustrasi dan gambar-gambar. Hal ini dilakukan agar anak-anak lebih tertarik dan lebih mudan mempelajari materi yang disajikan. Dan kami berharap mudah-mudahan bahan ajar ini bermanfaat bagi siswa untuk menambah pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran.


Semarang, Desember 2011

Penyusun











DAFTAR ISI
PRAKATA .................................................................................................................................i
DAFTAR ISI .............................................................................................................................ii
TUJUAN PEMBELAJARAN .................................................................................................01
BAHAN AJAR
1.      MARI KITA MEMBACA...........................................................................................02
a.       SOAL CERITA PECAHAN..................................................................................04
b.      PELATIHAN.......................................................................................................07
c.       AKTIVITAS SISWA ............................................................................................07
2.      MENDENGARKAN CERITA ...................................................................................08
a.       SOAL CERITA PENGGUNAAN UANG ............................................................10
b.      PELATIHAN ........................................................................................................11
c.       AKTIVITAS SISWA ............................................................................................13
3.      AYO BERMAIN .........................................................................................................14
SUMBER BELAJAR ..............................................................................................................15
LAMPIRAN I ..........................................................................................................................16
LAMPIRAN II ........................................................................................................................18









BAHAN AJAR
Tema : Permainan
Mata Pelajaran :
Ø  IPS                   : Mengenal Penggunaan Uang Sesuai dengan Kebutuhan
Ø  Matematika      : Mengenal Pecahan Sederhana
Tujuan :
Ø  IPS :
1.      Melalui bercerita siswa dapat menjelaskan penggunaan uang di dalam kebutuhan sehari – hari dengan benar.
2.      Melalui simulasi (bermain peran) siswa dapat mempraktikkan pengaturan penggunaan uang sesuai kebutuhan dengan cermat.
3.      Melalui media gambar sisiwa dapat membedakan keburuhan primer dan kebutuhan sekunder.
Ø  Matematika :
1.      Melalui media gambar siswa dapat mengenal pecahan sederhana dengan benar.
2.      Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan macam – macam pecahan sederhana dengan benar.
3.      Melalui media gambar siswa dapat menyelesaikan operasi hitung operaasi hitung pada pecahan sederhana pada kehidupan sehari – hari dengan benar.
Media : Cerita Bergambar







Mari Kita Membaca
Pergi ikut Ibu
Pagi hari Ibu mengajak Didi pergi ke pasar. Ibu ingin membeli buah di toko milik Pak Andi. Pak Andi seorang pedagang buah. Ia menjual semangka, jeruk, apel, alpukad, dan stroberi.
Pak Andi menjual  dengan harga yang berbeda.
 semangka dijual dengan harga
        jeruk dijual dengan harga
    alpukad dijual dengan harga
   stoberi dijual dengan harga
apel dijual dengan harga  
Ibu membeli sebuah semangka dan alpukad dari Pak Andi. Yaitu seharga Rp.15.000,00. Ibu membayar dengan uang . Jadi uang kembalian Ibu adalah      rupiah.
Sesampainya di rumah, Ibu memotong semangaka menjadi 2 bangian. Setengah bagian diberikan kepada Didi.
Flowchart: Alternate Process: Setengah adalah 1 bagian yang dibagi 2 bagian sama besar.

Setengah semangka adalah sebuah semangka yang dibagi 2 sama besar. Setengah ditulis  . angka 1 disebut pembilang dan angka 2 disebut penyebut.

Wave: Sepertiga adalah 1 bagian yang dibagi 3 bagian sama besar.

Ibu lalu mengambil sebuah melon. Ibu membagi melon menjadi 3 bagian sama besar. Satu potong melon adalah sepertiga bagian dari yang utuh. Sepetiga ditulis  dan dibaca satu per tiga.






Soal cerita Pecahan
Ibu memotong kue bolu menjadi 8 bagian sama besar. Didi dan tiga temannya makan sepotong kue. Berapa bagian sisa kue ibu?
Diketahui
Ibu memotong kue bolu menjadi 8 bagian, 1 potong kue = . Didi dan tiga temannya makan sepotong kue.
Ditanya
Berapa bagian sisa kue ibu?
Jawab
Perhatikan gambar berikut!Lingkaran disamping menggambarkan kue ibu
cats                          cats 1   = kue yang dimakan
                                                                        cats 2   = kue yang belum dimakan
Kue yang dimakan Didi ada bagian
Kue yang dimakan tiga teman Didi ada ⅛ + ⅛ + ⅛ = ⅜
Semua kue yang dimakan adalah ⅛ + ⅜ =
Jadi sisa kue Ibu ada  bagian.









1.    Soal Latihan:
                                                       dibaca satu per dua

Kerjakan seperti contoh di atas
a.    

b.      


c.       


d.      


e.     



2.    Soal Ulangan Harian
a.                                          Pecahan berapakah yang ditunjukkan oleh gambar disamping ?

b.   Gambarlah pecahan yang menunjukkan !
c.    Gambarlah pecahan yang menunjukkan  !
d.                                           Arsir atau berilah warnagambar disamping ini sehingga menunjukkan pecahan !

e.    Tulislah lambang bilangan pecahan dua per tiga, tiga per tujuh,lima per enam, dan satu per empat !

Belilah sebuah roti. Bagilah roti tersebut sesuai dengan banyak anggota
keluargamu! Berapa pecahan yang ditunjukkan setiap bagian roti? Tulislah hasil percobaanmu di buku tugas!
 Mendengarkan Cerita
JAJAN DI KANTIN SEKOLAH
Di sekolah Didi ada kantin sekolah. Jika jam istirahat tiba anak – anak membelli makanan atau minuman di kantin sekolah.
Didi                 : “ Bu, berapa harga roti ini?”
Penjual          : “ seribu rupiah, Nak.”
Badu              : “ kalau nasi kuning ini berapa harganya, bu?”
Penjual          : “ harga nasi kuning ini dua ribu rupiah, Nak”.
Didi                 : “ saya beli roti satu Bu, ini uangnya”
Penjual          : “ pas seribbu rupiah, terima kasih.”
Badu              : “ saya beli nasi kuning Bu, ini uangnya. Kembali ya Bu.”
Penjual          : “ uangnya lima ribu rupiah. Ini kemballiannya tiga ribu rupiah.”
Didi dan Badu : “ terima kasih Bu.”
Didi                 : “Tini, kamu sedih ya?mengapa?”
Tini                  : “iya Did, aku sedih, aku tidak membawa uang saku untuk                                           jajan.”
Didi                 : “ini aku ada satu roti, ini aku kasih 1/2 bagian ya.”
Tini                  : “wah terima kasih ya, Didi baik deh.”
Didi                 “iya, sama-sama Tin.”

Taukah kamu?
Kegiatan jual beli dapat kita temui di sekolah. Sebutkanlah tempat – tempat jual beli yang ada di sekitar sekolahmu. Sebutkan barang – barang yang dijual di tempat tersebut!












Soal cerita Penggunaan Uang
Apakah kamu pernah berbelanja?
Apakah kamu sudah pandai berbelanja?
Bacalah petunjuk harga dan uang yang dibayarkan. Selanjutnya hitunglah berapa uang kembalian seharusnya!
Harga sebuah buku tulis ini adalah Rp. 4.000,00
Didi membayarnya dengan uang Rp 5.000,00
Berapakah kembalian yang harus diterima Didi?
Diketahui
Uang Didi Rp 5.000,00
Harga buku tulis Rp 4.000,00
Ditanya
Berapakah kembalian yang harus diterima Didi?
Jawab
Rp 5.000.00 – Rp 4.000.00 = Rp 1.000,00
Jadi kembalian yang harus diterima Didi adalah Rp 1.000.00


A. Soal Latihan
1.   Bu Anis memiliki gula pasir, kemudian ditukar dengan uang milik Bu Hasan. Bu Anis dan Bu Hasan melakukan kegiatan ….
2.  


 





Perhatikan gambar di atas! Uang tersebut bernilai ….
3.  


 





Jumlah uang di atas jika dibelikan buku tulis seharga Rp2.000,00 maka sisanya ….

B. Soal Ulangan Harian
1.    Tulislah apa saja yang bisa dijual di tempat pada gambar di bawah ini !
Kantin sekolah

Toko mainan



Koperasi sekolah


2.   Harga pensil ini Rp 2000.00.
Uang yang dibayar



Berapakah kembaliannya?
3.   Harga penggaris ini Rp 1000.00.
Uang yang dibayar 



Berapakah kembaliannya?






Lakukan hal-hal berikut ini!
1.    Ikutlah ibu kalian pergi ke pasar yang ada di sekitar tempat tinggalmu!
2.   Amatilah kegiatan jual beli yang berlangsung di pasar tersebut!
3.   Amatilah alat atau benda yang digunakan untuk membayar atau menukar kegiatan jual beli tersebut!
Setelah kegiatan pengamatan selesai dilakukan, selanjutnya lakukan beberapa kegiatan berikut!
1.    Diskusikan (bicarakan) hasil pengamatan tersebut dengan temanmu semeja!
2.   Secara bersama tulislah alat pembayaran yang digunakan dalam kegiatan jual beli di pasar itu!
3.   Tulislah pula jenis-jenis serta besarnya (nilai) uang yang sering digunakan untuk kegiatan jual beli!
4.   Serahkan hasilnya kepada guru untuk dinilai!









Ayo Bermain
Bersama temanmu, buatlah kelompok bermain untuk menjadi penjual dan pembelidenyan menggunakan uang mainan,
Berilah label harga di setiap barang yang ada di dalam tas mu dengan harga yang kamu kehendaki. Kemudian bagi temanmu menjadi penjual dan pembeli.
Selamat mencoba...















Sumber belajar

Fajariyah, Nur dan Defi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hilda, Karli dan Margaretha Sri Y. 2006. Panduan Belajar Tematik SD. Jakarta: Erlangga.

Hilda, Karli dan Margaretha Sri Y. 2006. Tematik Pengetahuan Sosial. Jakarta: Erlangga

Nursa,Muhammad dan Rusmawan.2007. Pengetahuan Sosial 3 untuk SD dan MI kelas
     III.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Sunarso dan Anis Kusuma.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SD dan MI kelas
     III.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
















Lampiran I
Kunci Jawaban
Kunci Jawaban :
Ø  Matematika
1. a.
b.
c.
d.
e.
2.  a.
b.

c.                

d.



e. ,  , ,



Ø  IPS
A. 1. Jual beli
2. Rp.1000,00
3. Rp.5000,00 – Rp.2000,00= Rp.3000,00
B. 1. a. kantin: Makanan dan minuman
b. toko mainan: boneka, mobil-mobilan, robot-robotan
c.  koperasi: pensil, buku, topi, penggaris, penghapus
2. Rp. 10.000,00-Rp.2000,00=Rp.8000,00
3. Rp. 2000,00-Rp.1000,00=Rp.1000,00














Lampiran II
Rancangan Penilaian
a.      Peniaian Kognitif
Ø  Soal Matematika
Penilaian
1.      Benar X 1 = 5
2.      Benar X 2 = 10
Nilai = (15 X 2) : 3 = 10
Ø  Soal IPS
Penilaian
1.      Benar X 2 = 6
2.      a    Benar X 15 = 15
b    Benar X 2 = 2
c    Benar X 2 = 2
            Nilai = (25 X 2) : 5
b.      Penilaian psikomotor
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1
Keberanian




2
Kecermatan / ketelitian




3
Kekompakan





jumlah





Tidak ada komentar:

Posting Komentar