RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 3 Angkatanlor
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosisl ( IPS )
Kelas/Semester : VI / 2 ( dua )
Waktu : 1 x 35 menit ( 1x pertemuan )
A. Standar Kompetensi :
3. Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia
C. Indikator
· Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
- Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
D. Tujuan Pembelajaran**:
¨ Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia dengan benar.
¨ Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dengan baik.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness), aktif (Active ), Keberanian, imajinasi (imajinatife), kreatif (creative), inovatif, Percaya Diri.
E. Materi Ajar
Ø Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
F. Media Belajar
o Buku IPS SD Kelas VI
o Buku IPS SD kelas VI BSE
o Powerpoint
o Gambar materi
G. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
o Pendekatan Kontruktivistik
o Ceramah
o Tanya Jawab
o Diskusi kelompok
H. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1 | |
1. Pendahuluan o Guru membuka pelajaran ( mengucapkan salam,berdoa, absensi,) ( Religius dan rasa hormat) o Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang berkaitan dengan materi peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.. ( Kreatif, Imajinatif ) o Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan ( perhatian ) | (3 menit) |
2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menjelaskan globalisasi ( Perhatian) F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai contoh-contoh globalisasi ( Aktif ) F Menjelaskan dampak globalisasi ( Perhatian ) & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi: F Melalui diskusi siswa memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; ( Disiplin ) F Siswa berkesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; ( Kreatif, inovatif dan Imajinatif ) F Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; ( Tanggung Jawab ) F Siswa menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; ( Percaya Diri dan keberanian ) F Guru mengevaluasi hasil diskusi peserta didik.(perhatian) F Peserta didik menyanyikan lagu “Kalau kau suka hati” sesuai arahan guru. (rekreasi) F Guru memberikan kuis kepada peserta didik. (aktif) F Guru mengevaluasi kuis yang telah diberikan bersama peserta didik. (ketelitian) & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa ( Aktif ) F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan ( Perhatian ). F Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.(tanggung jawab) | (29 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa globalisasi memiliki dampak positif dan negatif. ( Perhatian ) o Guru menutup pembelajaran dengan berdoa (religius). | (3 menit) |
· | |
I. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menjelaskan pengertian globalisasi o Mengidentifikasikan pemanfaatan globalisasi | Tugas Individu dan Kelompok | Lisan Uraian Objektif Laporan | 1) Jelaskan pengertian globalisasi dan berikan 3 contoh dari pengaruh globalisasi. 2) Sebutkan faktor globalisasi? 3) Sebutkan manfaat bagi Indonesia terhadap globalisasi? o Diskusikan seberapa penting globalisasi di jaman sekarang? o Diskusikan, sebut dan jelaskan pemanfaatan globalisasi dengan bijak. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. dst. | | | | | | | |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,….. Desember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
Aries Tika Damayani. S.Pd,M.Pd Purwito
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun guna memenuhi tugas Strategi Belajar Mengajar
Dosen Pengampu : Aries Tika Damayani, S.Pd,.M.Pd
Disusun oleh :
Purwito 10120014
3A PGSD
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
TAHUN 2011/2012
Izin copy ya, kok bagus..
BalasHapus